Google

Rabu, 24 Oktober 2007

HEE AH LEE

HEE AH LEE
Pemain Piano 4 Jari

Don't judge the book by it's cover, jangan menilai sesuatu daripenampilan luarnya saja. Mungkin ini ungkapan yang tepat saat melihatsosok Hee Ah Lee. Betapa tidak, fisiknya jauh dari ukuran normal.Tangannya hanya punya empat jari berbentuk capit, sedangkan kakinyapun pendek sebatas ukuran lutut. Orang pasti akan kasihan melihatsosok wanita kelahiran Korea 22 tahun lalu ini.

Tapi, rasa kasihan ini akan segera berubah menjadi kekaguman jikamelihat Hee Ah Lee memainkan piano. Bayangkan, nada-nada sulit musikklasik karya komponis kenamaan seperti Chopin, Beethoven, Mozart, bisadimainkannya dengan sangat apik. Padahal, tidak ada not balok darimusik klasik itu yang khusus dibuat untuk dimainkan dengan hanya empatjari. Hee sendirilah, yang mengubah empat jarinya sehingga mampumenari di atas tuts-tuts piano dengan lincah, layaknya sepuluh jariorang normal. "Dari awal belajar piano memang saya diperlakukansebagai orang normal,"sebut Hee.

Terlahir dari seorang ibu bernama Woo Kap Sun, Hee sebenarnya sangatberuntung. Sebab, Woo yang tahu akan melahirkan bayi cacat dari awalmenolak mentah-mentah anjuran beberapa orang dekatnya untuk menitipkananaknya ke panti asuhan setelah lahir. Woo juga yang merawat,mendidik, dan mengajari Hee seperti orang normal lain. Woo bahkanmenyebut anaknya itu sebagai anugerah Tuhan meski terlahir kurangsempurna. Ibunya itu juga yang kemudian dengan kesabaran ekstramengajari Hee bermain piano sejak usia enam tahun.

Saat mulai main piano, Hee bahkan tidak bisa memegang pensil. Butuhwaktu dan kerja keras, serta dilandasi keuletan yang luar biasa untukmelatih jari-jari Hee. Belum lagi untuk mengenalkan not balok pada Heeyang punya keterbelakangan mental. Awalnya, untuk menguasai sebuahlagu saja, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun. Itu pun bisa dilakukanhanya dengan latihan intensif minimal sepuluh jam dalam sehari.Sungguh, gabungan cinta kasih seorang ibu ditambah ketekunan Heesebagai anak, merupakan sebuah kekuatan yang mampu mengubah kekurangandan keterbatasan menjadi kelebihan yang luar biasa. Hee menyebut,ibunyalah yang telah menggembleng dirinya agar tumbuh mandiri, percayadiri, dan bersemangat baja menghadapi hidup.

Dengan kemampuan yang diperoleh dari ketekunan dan keuletan berlatihitu, Hee kini telah berkeliling dunia. Ia menginspirasi orang dengankeyakinan bahwa tidak ada yang tak mungkin di dunia ini jika kita maubekerja keras dan sungguh-sungguh berusaha mewujudkannya. Meskibegitu, sebagai manusia biasa ia pun mengaku pernah mengalami patahsemangat. "Bayangkan Anda makan satu jenis makanan terus menerussampai bosan. Tapi, aku memakannya terus. Aku berlatih terus menerus,"sebut Hee tentang bagaimana menaklukkan kebosanannya.

Kini, sederet penghargaan atas keterampilan bermain piano telahditerimanya. Ia juga telah mempunyai album musik sendiri berjudulHee-ah, Pianist with Four Finger. Dengan berbagai kelebihan yangdiolah dari kekurangan itu lah, kini ia juga mempunyai kehendak lainyang mulia, "Aku akan berkeliling dunia, bermain piano dari sekolah kesekolah untuk memberi motivasi kepada kaum muda bahwa mereka bisamelakukan apa pun kalau berusaha," kata Hee.

Sungguh, sosok Hee Ah Lee adalah gambaran nyata keteladanan seseorangdengan ketekunan yang luar biasa. Hanya dengan keyakinan, keuletan,dan kerja keras disertai semangat pantang menyerah, seseorang dapatmerubah nasibnya. Jika Hee yang kurang sempurna saja mampu, bagaimanadengan kita yang terlahir sempurna? Tinggal keyakinan dan tekad kuatdisertai usaha sungguh-sungguh lah yang akan merubah kita.

Tidak ada komentar: